Jumat, 02 November 2012

Bulog akhirnya impor beras 300.000 Ton tahun ini



Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) telah melakukan kontrak untuk impor beras sebanyak 300.000 ton dari Vina Food,  perusahaan beras asal Vietnam.   

Deddy Saleh,  Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri,  Kementerian Perdagangan mengatakan,  importasi tersebut akan direalisasikan sampai Desember tahun ini.  "Hal tersebut sesuai dengan izin yang diberikan oleh Kemendag," kata Deddy.   
Selain itu,  Deddy bilang,  saat ini Bulog sedang melakukan proses lelang pembelian beras dari India sebanyak 100.000 ton.  Deddy membantah adanya rencana pembelian beras dari negara-negara lain seperti dari Thailand maupun dari Kamboja.  

Terkait dengan impor beras dari Thailand,  Deddy mengungkapkan,  sampai saat ini belum ada kesepakatan.  Sebab,  kata Deddy,  harga beras yang ditawarkan oleh India tersebut lebih tinggi bila dibandingkan dengan harga beras pasar internasional.
 

Untuk menjaga stok beras di dalam negeri,  pemerintah mewacanakan agar Bulog memiliki stok cadangan beras di luar negeri sebagai komersial stok.  Dengan cara tersebut,  Bulog juga menjual beras saat harga tinggi,  namun beras itu juga bisa difungsikan sebagai pengaman kebutuhan beras di dalam negeri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar